Akhyar Yulinur : Catatan Manusia Laut Mengarungi Indonesia Timur

Tak perna terpikir olehku akan mewujudkan mimpiku untuk keliling Indonesia begitu cepatnya terwujud. Yap.. perjalanan waktu itu menjadi wadah untuk mewujudkan mimpiku menyaksikan dan membuktikan betapa kaya dan luasnya negara tercinta.. INDONESIA.

Terimakasih sebesar besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam begitu indahnya, dan kesempatan yang telah diberikan pada kami para pemuda Indonesia untuk menikmatinya melalui salah satu program yang diadakan oleh KEMENPORA. Melalui seleksi yang diadakan DISPORA dibantu oleh PCMI KEPRI, kami para pemuda berkesempatan untuk mengikuti beberapa program yang diadakan.

Program ini sendiri dikenalkan oleh kakak kandungku yang juga merupakan alumni dari program ini, KPN (Kapal Pemuda Nusantara). Dari namanya yang keren aja udah kebayang olehku ni program bakalan seru dan memang terbukti. Untuk mengenai program lebih lengkap temen temen bisa liat di koridor tentang program yah.  

PERSAINGAN DAN PERSAHABATAN

Singkat cerita, aku memutuskan untuk mengikuti seleksi yang super ketat dan super menegangkan (asli ga lebay loh, tak percaya boleh coba), harus berhadapan dengan para alumni yang sigap menilai dan bersaing dengan para pemuda yang luar biasa dan Alhamdulillah aku dinyatakan lolos seleksi untuk program KPN 2012 ‘Sail Morotai’ setelah melewati beberapa tahapan. tapi perjuangan tidak berahir sampai disitu, malah semakin berat dan menantang, karena ketika kita terpilih untuk suatu program, kita harus menjalani sesi training bersama alumni untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang akan dibawa ke program.

Yaaaa, sebagai perwakilan dari propinsi KEPRI, kita dituntut untuk mengetahui dengan benar adat istiadat dan kebudayaanya, dari tarian, lagu dan sebagainya, tidak hanya mengenai kebudayaan, didalam sesi training yang menghabiskan waktu kurang lebih 4 bulan, kami juga dibekali tentang wawasan kebangsaan, potensi kelautan, kepemimpinan dan banyak hal. Intinya kami dapat belajar banyak hal dari alumni luar biasa yang tidak pernah pelit dalam membagikan ilmu dan pengalamannya.

Selain ilmu baru, tanpa terasa tali persahabatan diantara kami sesama kandidat program dan alumni terbentuk. Seringnya waktu yang kami habiskan dan memiliki satu tujuan yang sama yaitu memberikan yang terbaik bagi propinsi KEPRI dan pihak pihak yang telah mendukung kami, membuat kami semakin hanyut dalam perjuangan yang terbalut oleh rasa kekeluargaan.  

KAPAL PEMUDA NUSANTARA ‘SAIL MOROTAI’ 2012

JING JENG JING JENG . .. Akhirnya hari yang dinanti pun tiba. Berbekal persiapan yang matang dan rasa penasaran akan program ini, kami para peserta KPN propinsi KEPRI yang berjumlah 6 orang berangkat ke Ibukota untuk berkumpul dengan seluruh pemuda dari berbagai propinsi di Indonesia. Ga perlu ditanya gimana perasaan kami waktu itu, luapan kebahagiaan, sukacita, dan deg-deg an merayapi setiap urat nadi kami saat kami menanti pertemuan dengan segenap pemuda pemuda pilihan dari propinsi masing masing. Setelah itu kami digiring menuju lokasi yang akan menjadi rumah kami selama program, yaaaap, KRI SURABAYA dengan gagahnya telah menanti kami di pelabuhan ibukota siap membawa kami mengarungi samudera dan memulai petualangan kami menuju ketempat tempat yang belum pernah kami kunjungi.

 Perjalanan pun dimulai dengan rute yang luar biasa dahsyatnya, pemandangan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata, persahabatan yang terjalin diatas kapal, kegiatan positif diatas kapal dan daerah tujuan, seperti diskusi dengan mahasiswa setempat, penduduk asli dan pemerintahan terkait pastinya membuka cakrawala kami seperti lautan indonesia yang membentang luas. Kedisiplinan tinggi ala militer angkatan laut pun membentuk pribadi kami para peserta pelayaran menjadi lebih kuat dan mandiri. Banyak hal menarik yang kami temui disini, dari menu makan dengan sbutan TAI (Telur Ayam Ikan) setiap hari sampai dengan penjatahan air tawar untuk mandi (Pernah 2 hari ga mandi lhooo).

Semuanya kami anggap sebagai proses pembelajaran yang akan bermanfaat nantinya. dengan semangat yang luar biasa dari 423 peserta yang terdiri dari perwakilan daerah, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan, kami mengunjungi beberapa tempat antara lain, ambon, Sorong, Raja Ampat, Terante, Morotai, dan Makassar. Selain ilmu dan jalinan persahabatan, saya pribadi berhasil memuaskan dahaga saya akan penasaran terhadap betapa indah, luas dan kayanya Indonesia, baik dari kekayaan alamnya, keramahan orang orangnya dan kebudayaannya… INDONESIA… JAYAAAA…

Perjalanan selama 30 hari ini takkan bisa diungkapkan dalam cerita singkat ini, karena begitu banyak rasa yang tertinggal, kenangan setiap sudut kapal, tawa canda dan tangisan perpisahan akan selalu hidup di jiwa insan bahari Indonesia. Mungkin itu dulu, mengenai apa aja kegiatannya dan foto2 serunya bisa diliat di kolom foto. Nah taun ini kabar nya program KPN akan mengikuti Sail Raja Ampat.. sempat melihat sendiri sih keindahan alam yang sudah menjadi warisan dunia ini, sehingga ingin rasanya ikut seleksi lagi dan mewakili propinsi KEPRI (seandainya boleh) hahaha…

Nah buat kamu kamu yang ngerasa pemuda, punya minat yang besar dan kepedulian terhadap laut indonesia, juga pengen berlayar mengarungi laut Indonesia dengan gratis dan menambah pengalaman juga menjalin persahabatan dengan seluruh pemuda di Indonesia, silahkan datang, seleksi dan jadi perwakilan KEPRI.. apakah kalian siap menjadi yang selanjutnya??

PEMUDA . . . . . . . . MAJU !
INDONESIA . . . . . JAYA !

PCMI Kepri

1 comment: