Faldo Septyawan : Konichiwa, Xin chao, Sawadee krub, Ni hao, Mabuhay!



Ini adalah kali pertama saya mengikuti Program Pertukaran Pemuda dan Alhamdulillah saya di percayai untuk mengikuti program SSEAYP, masih engga nyangka sekarang sudah keliling asean-jepang. Melalui program The Ship for SouthEast Asean Youth Program saya bisa menjelajahi jepang, Vietnam, Thailand, Singapore, dan Philippines.


Dari sebuah mimpi kecil ternyata bisa terjadi apabila kita melakukan perubahan dalam hidup, dengan mengikuti program ini membawa banyak perubahan positif dalam hidup, merubah cara hidup, sudut pandang lain, mutual understanding dan friendship.

Banyak hal baru dan unik yang saya temui di dalam program ini

Jepang : Negara maju dan bersih. Sulit bagi saya untuk menemukan tong sampah di jalanan, dikarenakan mereka sangat disiplin dan akan membawa pulang semua sampah sampai mereka menemukan tempat sampah

Vietnam : Negara dengan beribu-ribu motor, itu sebuatan yang mungkin pas untuk first impression yang saya dapat di Vietnam, tapi jangan khawatir, orang Vietnam sangat ramah dan antusias untuk bisa bertemu dengan warga negara asing.

Thailand : “You can find every thing in Thailand” di Thailand segala macam barang, manusia, scenery semua nya ada. Negara yang yang tiada mati nya ini merupakan Negara yang wajib di kunjungi.


Singapore : Negara tetangga ini merupakan salah satu port of call dalam program sseayp 2013, tidak banyak hal baru yang bisa didapat di Singapore, mungkin karena batam dan Singapore berdekatan.

Philippines: Negara kepulauan ini kurang lebih sama seperti Indonesia, yang membedakan hanya bahasa dan kebudayaan. Orang-orang yang sangat ramah ini suka makanan yang manis-manis, jadi bagi kalian yang suka makanan pedas, harus membawa saos sambal apabila ingin pergi ke Philippines.


Jadi bagi kalian yang mau jalan-jalan keliling asean-jepang ayoo daftarkan diri kalian di PCMI setempat :)


PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment